Selasa, 23 Oktober 2012

NEW MEDIA


DEFINISI NEW MEDIA
    Jika dilihat menurut kata dasarnya Media merupakan bentuk jamak dari kata medium yang berasal dari bahasa latin. Namun jika dilihat dari sudut pandang harfiah, media / medium mempunyai arti perantara atau pengantar. Dan pengertian secara umum menyimpulkan bahwa media itu adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi (perantara) dari sumber informasi kepada penerima informasi yakni kita-kita ini.
    Dan kata New (baru) disini dapat diartikan sesuatu yang bersifat inovatif yakni perubahan yang melahirkan sesuatu yang sangat dinantikan semua orang.
Oleh karena itu, New Media adalah media baru sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi sekarang dan mendatang bersama-sama dengan komputer digital. Mereka (new media) meninggalkan teknologi yang masih bersifat analog, mekanik, boros energi, tidak ramah lingkungan dan yang pasti masih menggunakan teknologi yang rendah alias jadul.
   Atau dengan kata lain New Media adalah sebuah istilah yang menggambarkan tentang suatu keadaan dimana segala bentuk teknologi hampir berbentuk digital dan Internet hampir memegang peranan penting didalamnya, mereka meninggalkan teknologi kuno yang masih bersifat analog, mekanik, boros energi dan tidak ramah lingkungan.
    Sedangkan menurut WikipediaNew Media is a term meant to encompass the emergence of digital, computerized, or networked information and communication technologies in the later part of the 20th century. Most technologies described as “new media” are digital, often having characteristics of being manipulated, networkable, dense, compressible, interactive and impartial. Some examples may be the Internet, websites, computer multimedia, computer games, CD-ROMS, and DVDs. New media is not television programs, feature films, magazines, books, or paper-based publications.
    Atau dengan arti Media Baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.)

PANDANGAN TERHADAP NEW MEDIA
   Menurut pendapat saya New Media adalah media yang dapat meningkatkan intensitas berkomunikasi dan interaksi sosial  antar manusia. New Media yang dikenal secara umum oleh masyarakat pada saat ini adalah handphone.  
    New Media adalah suatu komponen yang sangat penting dalam kehidupan globalisasi saat ini. semua kegiatan pemberian informasi dapat di askes melalui komponen New Media, seperti :Youttube, Facebook, Wikipedia.

MANFAAT NEW MEDIA
  New Media sangatlah bermanfaat bagi hidup kita. Melalui new media, kita bisa mendapatkan banyak informasi. New Media tidak mengenal jarak user yang satu dengan user yang lainnya, dalam pengrtian bahwa New Media dapat mendekatkan orang yang saling berjauhan melalui informasi yang mereka lontarkan melalui jejaring sosial dan sebagainya. Dapat membantu kita dalam berkomunikasi dengan cepat.
New Media juga memudahkan seseorang untuk memperoleh suatu hal yang ia inginkan.
Contoh – contoh manfaat New Media pada bidang-bidang tertentu:
Bidang Pendidikan.
Melalui New Media pelajar atau mahasiswa dapat mencari materi yang di perlukan oleh mereka, lalu manfaat lainnya pelajar atau mahasiswa sudah tidak perlu membeli buku , karena telah ada EBOOK.
Bidang Pencarian Kerja
Melalui  New Media seseorang dapat mengetahui perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja kerja, karena biasanya setiap instansi memiliki website 
Bidang Jual Beli
Melalui New Media para penjual dan pembeli dapat mengadakan transaksi melalui internet.

KOMPONEN NEW MEDIA
Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya.
Dengan SmartPhone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Misalkan di situs jejaring Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.
Contoh – contoh komponen New Media lainya :

  •          Internet
  •          Televisi Digital / Plasma TV
  •          Digital Cinema / 3D Cinema
  •          Superkomputer / Laptop
  •          DVD / CD / Blue Ray
  •          MP3 Player
  •          Ponsel / PDA Phone
  •          Video Game
  •          RSS Feed
  •          Streaming Video
  •          Dan lain-lain
 APLIKASI NEW MEDIA
Berikut ini adalah contoh-contoh aplikasi maupun teknologi yang termasuk New Media yaitu :
Facebook
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Di facebook kita bisa menemukan teman kita yang sudah lama tak bertemu dan juga dapat menemukan banyak teman baru yang berasal dari seluruh dunia.
Selain itu kita bisa menyimpan foto dan video di Facebook
. Disinilah salah satu alasan facebook mau diharamkan, konon katanya facebook telah digunakan untuk ajang menyebarkan pornografi dan seks bebas.
Twitter
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Youtube
YouTube adalah media untuk upload video secara gratis dari file anda dan bisa di share secara online. 
 Wikipedia
Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbang dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.
Selain teknologi, new media juga tidak bisa dipisahkan dengan dunia digital. Ini disebabkan sebagian besar new media di dominasi oleh produk berteknologi digital yang seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mudah, interaktif dan tidak memihak.

DAFTAR PUSTAKA
http://safemode.web.id/artikel/teknologi/new-media#ixzz29NLxEQRn
http://indraaris.blogspot.com/2011/09/new-media.html
http://ilmubudayadasar.blogspot.com/2010/09/arti-new-media.html
http://nizaru.blogspot.com/2011/10/softskill-pengenalan-teknologi-internet.html
http://nempoatuh.wordpress.com/2010/11/14/manfaat-dan-kerugian-new-media/


0 komentar:

Posting Komentar