Selasa, 02 September 2014

LA : PERCABANGAN DELPHI


CODING
unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms, Dialogs, StdCtrls;
type
  TForm1 = class(TForm)
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Label3: TLabel;
    Edit1: TEdit;
    Edit2: TEdit;
    Edit3: TEdit;
    Button1: TButton;
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
    { Private declarations }
public
    { Public declarations }
  end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
Var
A: Integer;
begin
A:=strtoint (edit1.text);
edit3.Text:= ' ' ;
edit2.Text:= ' ' ;
if A <= 30 then begin edit3.Text := 'Ulang' ; edit2.Text := 'E' ; end
else if A <= 50 then begin edit3.Text := 'Gagal' ;   edit2.Text := 'D' ; end
else if A <= 65 then begin edit3.Text := 'Cukup' ;  edit2.Text := 'C' ; end
else if A <= 90 then begin edit3.Text := 'Baik' ; edit2.Text := 'B' ; end
else if A <= 100 then begin edit3.Text := 'Amat Baik' ; edit2.Text := 'A' ; end
end;
end.

Button OK
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
Var
A: Integer;
begin
A:=strtoint (edit1.text); edit3.Text:= ' ' ; edit2.Text:= ' ' ;
if A <= 30 then begin edit3.Text := 'Ulang' ; edit2.Text := 'E' ; end
else if A <= 50 then begin edit3.Text := 'Gagal' ; edit2.Text := 'D' ; end
else if A <= 65 then begin edit3.Text := 'Cukup' ; edit2.Text := 'C' ; end
else if A <= 90 the begin edit3.Text := 'Baik' ; edit2.Text := 'B' ; end
else if A <= 100 then begin edit3.Text := 'Amat Baik' ; edit2.Text := 'A' ; end
end;
end.

LOGIKA PROGRAM
                Program ini di buat untuk menjelaskan nilai mahasiswa dengan menyertakan grade dan  ketaranganya dan button OK lah yang menjalankan fungsi program tersebut. Selain menggunakan button , kita juga menggunakan 3 label dan 3 edit. Pertama –tama  kita harus mendeklarasikan variable A dengan tipe integer lalu mengosongkan edit 2 dan edit 3. Dalam progaram percabangan ini di nilai diseleksi dengan beberapa kondisi, yang pertama adalah jika A lebih kecil atau sama dengan 30 maka akan tercetak ‘ E’ pada edit 2 dan  ‘Ulang’ pada edit3, dan jika A lebih kecil atau sama dengan 50 maka akan tercetak ‘D’ pada edit2 dan ‘Gagal’ pada edit3, selanjutnya jika A lebih kecil dari 65 maka akan tercetak ‘C’ pada  edit2 dan ‘Cukup’ pada edit3, dan jika A lebih kecil aytau sama dengan 90 maka akan tercetak ‘B’ pada  edit2 dan ‘Baik’ pada edit3, sisanya jika A lebih kecil  atau sema dengan 100 maka akan tercetak ‘A’ pada edit2 dan ‘amat Baik’ pada edit3.

0 komentar:

Posting Komentar