Selasa, 02 September 2014

LA : PENGENALAN MYOB


Dapat didownload di : https://www.dropbox.com/s/jmuzas5j6qseu30/1%20LAPORAN%20AKHIR%20Pengenalan%20MYOB.docx?dl=0

PENJELASAN MYOB
Apa itu MYOB? MYOB adalah program akutansi yang didesain untuk memenuhi kebutuhan penyediaan akutansi, sekaligus sebagai alat pengolah laporan keuangan. Mengapa memilih MYOB? Karena MYOB merupakan program yang user friendly dan mudah digunakan. Tingkat keamanan pada MYOB yang relative tinggi juga menjadi pertimbangan mengapa MYOB banyak digunakan dalam akutansi. Satu lagi keunggulan MYOB yang paling utama adalah mampu mengeksploitasi semua laporan tanpa harus import atau eksport file sehingga terlihat lebih efisien.

MEMBUAT ACCOUNT LIST
Pada pertemuan pertama, kita akan belajar membuat sebuah Account List. Karena baru pertama kali ini kita hendak membuat file, maka pada awal menu selamat datang kita harus Create a new company file. Akan muncul tulisan selamat datang, kemudian klik Next untuk meneruskan. 

Masukkan data-data Company Name (Nama Perusahaan), Address (Alamat Perusahaan), Phone Number dan Email Address, kemudian klik Next. Akan muncul tampilan Accounting Year, yang berguna untuk mengetahui kapan Current Financial Year (Tahun Finansial Dimulai) dan Last Month Financial of Year (Tutup Buku) dilakukan, Lalu klik Next.

Terus klik Next, sampai muncul tampilan Build Your Account List. Ada tiga buah pilihan yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Karena kita akan membuat Account List baru, maka kita pilih pilihan ketiga. Klik Next, kemudian pada tampilan Create your company file silahkan pilih Change untuk merubah nama dari file yang akan disimpan. Jika sudah diberi nama dengan ekstensi *.data, klik Save lalu klik Next.

Tunggu hingga proses selesai, nanti akan muncul tampilan selamat dan berhasil membuat company file. Klik Command Create untuk menampilkan Command Centre. Pada pilihan Accounts, pilih Account List kemudian kita akan menuliskan beberapa Account baru. 

Bagaimana cara membuat Account baru? Klik New pada gambar yang terdapat di bagian bawah menu. Kemudian muncul tab Profile yang harus diisikan sesuai kebutuhan. Header Account untuk tulisan cetak tebal (Account), sementara Detail Account digunakan untuk sub accountnya. Setiap Account memiliki account number yang berbeda. Setelah number account diisi, tekan tab dan akan muncul account name dan opening balance. Silahkan isi sesuai kebutuhan, jika sudah selesai klik OK. Isikan seperti gambar di bawah ini:

Isikan setiap tab dari Asset, Liabillity, dan lainya sesuai dengan contoh. Jika sudah semua ditulis, maka selesai sudah pembuatan account kita.



0 komentar:

Posting Komentar