Selasa, 02 September 2014

LA : CARD FILE MYOB


Dapat didownload di : https://www.dropbox.com/s/53cs5hxkjlpp04o/3%20LAPORAN%20AKHIR%20Card%20File%20MYOB.docx?dl=0

CARD FILE DALAM MYOB
Card File adalah kumpulan data yang berfungsi untuk mengarsipkan data Costumer (pelanggan), Supplier (pemasok), Employe (karyawan), dan Personal (individu)  yang terkait dengan transaksi pembelian dan penjualan barang dagangan atau jasa.

MEMBUAT CARD FILE
Kali ini kita hanya akan membuat Card File PT.KEIKA SEJAHTERA. Langkah-langkahnya sama seperti dengan praktikum minggu pertama.Kemudian pilih Card File, pilih Card List kemudian kita akan membuat beberapa  data customer ( pelanggan ), supplier ( pemasok ), employee ( karyawan ) dan personal (individu ).
Tetapi sebelum  membuat Card File, terlebih dahulu kita akan menentukan atau membuat Tax Code yang digunakan untuk membuat pajak. Pilih menu List lalu pilih Tax Code.Pada Tax Code List pilih New lalu akan keluar jendela Tax Code Information. Isi Tax Code dengan PPN, Description dengan Pajak Pertambahan Nilai, Rate dengan 10%. 
Klik tombol Linked Account for Tax Collected akan muncul jendela Select from list, pilih New untuk membuat Account baru. Isi account number dengan angka yang belum ada pada daftar Account, untuk account name isi dengan PPN, pilih Use Account. Begitu juga untuk Linked Account for Tax Paid.
Setelah menentukan Tax Code yang ingin digunakan, kita akan memulai pembuatan Card File. Kembali ke menu Card List kemudian pilih Supplier. Pilih New,  Isi kolom kolom yang tersedia sesuai dengan data pada listing code Pemasok (Supplier). Setelah itu, isi syarat pembayaran pada Buying Details. Isi sesuai dengan Listing Code, hingga muncul tampilan sepertigambar dibawah ini :
Setelah itu kita harus menentukan Current Balance nya. Pilih menu SetUp lalu Balances, pilih Supplier Balances. Akan muncul jendela Historical Purcase, Isi kolom kolom yang tersedia dengan Saldo pada Listing Code. Lakukan cara-cara yang sama untuk Listing Code Pelanggan (Costumer). Isi Current Balance Costumer dengan cara yang sama dengan Supplier.

0 komentar:

Posting Komentar