Senin, 23 April 2012

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


TEORI : PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tangung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

ARTIKEL : IMUNISASI MENINGITIS TANGGUNG JAWAB NEGARA
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Surveilans, Imunisasi, Karantina dan Kesehatan Matra, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. H. Andi Muhadir, MPH, menyatakan bahwa pemberian vaksin meningitis merupakan bagian tanggung jawab negara. Meningitis adalah penyakit yang menyerang secara tiba-tiba, yang menyebabkan infeksi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang, akibat bakteri Neisseria meningitidis. Penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian imunisasi meningitis. "Pemberian vaksin meningitis ini penting untuk melindungi masyarakat kita yang berada di Saudi Arabia, dan tentu saja turut melindungi masyarakat Saudi Arabia," ujar Andi usai menghadiri seminar di Jakarta, Senin. Imunisasi meningitis bagi para calon jemaah haji sudah terjamin dari negara, namun untuk calon jemaah umroh, kini dapat diperoleh lebih mudah. "Masyarakat dapat memperoleh vaksin di kantor-kantor kesehatan pelabuhan seluruh Indonesia. Untuk meningitis umroh terdapat di RS Persahabatan Suroso, RSU Cipto Mangunkusumo, RS Fatmawati," ujar Andi. Andi memaparkan bahwa pemberian vaksin meningitis ini menjadi sangat penting, karena risiko infeksi meningitis yang tinggi mengingat Saudi Arabia merupakan salah satu negara endemis.

Hal ini yang menyebabkan pemerintah Saudi Arabia mewajibkan seluruh wisatawan atau pekerja yang mengunjungi wilayah Arab Saudi, untuk mendapatkan vaksinasi meningitis, ujar Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional, DR. dr. Julitasari Sundoro, MD, yang menjadi pembicara dalam seminar itu. "Vaksinasi meningitis konjugat ACYW135, diwajibkan bagi para wisatawan dan pengunjung wilayah Arab Saudi, sebelum pengajuan pembuatan VISA," kata Julitasari.(M048)

PENDAPAT : PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab bukanlah merupakan sebuah beban, namun sebaliknya tanggung jawab berupakan sebuaah anugrah, karena tanpa sebuah tanggung jawab kita tidak akan mempunyai tujuan hidup. Tanggung jawab merupakan sebuah tuntutan dan kewajiban bagi setiap individu, terutama baagi seorang pemimpin. Kita ambil contoh kecil saja, yaitu diri kita sendiri, Setiap diri kita merupakan pemimpin diri sendiri. Jadi kita haruslah mempertanggung jawabkan segala hal yang berhubungan dengan diri kita. salah satu contoh dalam pertanggung jawaban terhadap diri sendiri adalah, kita haru menjaga fisik kita, menjaga lisan kita dan menjaga hati kita. Semua itu dilakukan karena semata - mata semuanya akan dipertanggung jawabkan di akhirat kelak, dihadappan sang pencipta. Banyak orang yang tak mampu mempertanggung jawabkan dirinya sendiri karena sesungguhnya semua orang terlahir sebagai pemimpin tapi tak semua orang mampu memimpin. Contoh yang lebih besar dari seorang pemimpin ialah sosok seorang ayah yang menjadi kepala keluarga, yang bertanggung jawab atas seorang istri dan anak- anaknya. Contoh lain ialah orang - orang yang memiliki pekerjaan dan jabatan. Semakin tinggi jabataan seseorang maka semakin besar pula tanggung jawabnya.

0 komentar:

Posting Komentar