Selasa, 02 September 2014

LA : ACCOUNT LIST MYOB


Dapat didownload di : https://www.dropbox.com/s/0l99frknv6xgsgp/2%20LAPORAN%20AKHIR%20Account%20List%20MYOB.docx?dl=0

TOOLS DALAM MYOB
Tool-Tool yang terdapat dalam MYOB adalah sebagai berikut :
  • Accounts : Fasilitas ini berfungsi untuk mencatat data awal perusahaan berupa pencatatan rekening, proses pencatatan transaksi dan proses penjurnalan transaksi.
  • Banking : Berfungsi untuk mencatat, mencetak bukti transaksi dan laporan keuangan perusahaan yang dalam transaksinya menggunakan modul Chequebook.
  • Sales : Berfungsi untuk mencatat, menampilkan dan mencetak bukti transaksi serta laporan termasuk analisis penjualan barang dan jasa.
  • Time Billing : digunakan untuk mencatat panjadwalan pembayaran yang akan jatuh tempo.
  • Purchases : Berfungsi untuk mencatat, menampilkan, dan mencetak bukti transaksi serta laporan termasuk analisis pembelian barang dan jasa.
  • Payroll : Digunakan untuk mencatat transaksi penggajian karyawan atau pegawai, meliputi perhitungan gaji pokok, bonus dan perhitungan pajak penghasilan karyawan
  • Inventory : Berfungsi untuk mencatat data barang yang diperjual belikan, menentukan dan mengubah harga jual serta administrasi persediaan barang.
  • Cardfile : berfungsi untuk mengarsipkan data pelanggan, pemasok, data karyawan yang terkait dengan transaksi pembelian dan penjualan barang dagangan atau jasa.
PEMBUATAN  ACCOUNT LIST
Kali ini kita akan belajar membuat sebuah Account List. Pertama-tama kita harus membuka MYOB Premier. S
Keterangan : 
  • Open : Tombol pilihan ini akan membuka data myob (file.DAT) yang telah ada.
  • Create : Tombol pilihan ini membuat data baru.
  • Explore : Tombol ini membuka data contoh yang telah disediakan MYOB.
  • What’s New : Tombol ini menampilkan file.html dan akan dihubungkan dengan internet berisi  beberapa update-an terbaru.
  • Exit : Tombol pilihan ini untuk mengakhiri atau keluar dari pemakaian program MYOB.
Kita akan membuat file company baru, maka dari itu kita memilih “Create” dan klik Next. Akan muncul tampilan pengenalan pada MYOB , langsung klik Next. Kemudian isikan data-data informasi perusahaan seperti gambar di bawah ini :
Masukkan data-data:
  • Company Name (Nama Perusahaan)
  • Address (Alamat Perusahaan)
  • Phone Number dan Email Address
Kemudian klik Next. Akan muncul tampilan Accounting Year, yang berguna untuk mengetahui : 
  • Current Financial Year (Tahun Finansial Dimulai)
  • Last Month Financial of Year (Tutup Buku) 
Lalu klik Next dua kali, sampai muncul tampilan Build Your Account List. Ada tiga buah pilihan untuk membuat bagan akun perusahaan, sepert dibawah ini :
  • I would like to start with one of list provided by MYOB Accounting. Keterangan ini untuk menampilkan beberapa jenis bagan akun sesuai dengan jenis perusahaan yang sudah ada pada MYOB Accounting.
  • I would like to import a list of accounts provided by my accountant after I’m done creating my company file (mengimpor dari bagan akun yang pernah kita buat).
  • I would like to build my own accounts list one I begin using MYOB (Membuat sendiri bagan akun untuk laporan keuangan yang akan dibuat, kita dapat menambahkan sendiri jenis akun sesuai dengan yang diperlukan.
Karena akan membuat Account List baru, maka pilihlah pilihan ketiga. Klik Next, kemudian pada tampilan Create your company file silahkan pilih ‘Change’ untuk merubah nama dari file yang akan disimpan sesuai keinginan. Pastikan sudah diberi nama dengan ekstensi *.data, klik Save lalu klik Next. Tunggu hingga proses selesai, nanti akan muncul tampilan selamat dan berhasil membuat company file. Klik Command Create untuk menampilkan Command Centre. 
Pada Command Centre di atas terdapat beberapa pilihan bagan akunting, yaitu:
  • Accounts 
  • Banking 
  • Sales 
  • Purchase 
  • Inventory 
  • Card File 
Kali ini kita hanya akan membuat account list, maka dari itu pada pilihan Accounts, klik ‘Account List untuk membuatnya.  Pada pilihan Accounts, pilih Account List kemudian kita akan menuliskan beberapa Account baru. Pada Accounts terdapat beberapa bagian, yaitu:
  • Asset (Aktiva)
  • Liability (Utang)
  • Equity (Modal)
  • Cost of Sales (Harga Pokok Penjualan)
  • Expenses (Biaya)
  • Other Income (Pemasukkan Lain)
  • Other Expense (Biaya Lain)
Klik dua kali pada Account Name (nama akun) yang ingin kita ubah atau klik tulisan ‘Edit’. Jika kita ingin membuat Account Name baru, klik Tulisan ‘New’ yang ada di bagian bawah tabel. Kemudian muncul tab Profile yang harus diisikan sesuai kebutuhan. Header Account untuk tulisan cetak tebal (Account), sementara Detail Account digunakan untuk sub accountnya. Isikan setiap tab dari Asset, Liabillity, dan Equality sesuai dengan listing code Jika sudah semua ditulis, maka selesai sudah pembuatan Account List.dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :

0 komentar:

Posting Komentar