Minggu, 25 November 2012

TEKNOLOGI KONVERGENSI


DEVINISI TEKNOLOGI KONVERGENSI
Konvergensi (bahasa inggris : convergence) merupakan sebuah istilah, yang merupakan dua hal / benda atau lebih bertemu dan bersatu dalam suatu titik (Arismunandar, 2006: 1) . Mudahnya, konvergensi itu adalah penggabungan hal / benda untuk mencapai suatu tujuan. Istilah konvergensi sering dikaitkan dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dengan demikin banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari teknologi konvergensi. Contoh nyata perkembangan  teknologi konvergensi dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah Broadband dan VPN(Virtual Private Network).

CONTOH TEKNOLOGI KONVERGENSI
Contoh teknologi konvergensi dari perkembangan suatu Teknologi Informasi dan Komunikasi, seperti yang dijelaskan dibawah ini:
1. Broadband
Broadband merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis broadband yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar. Broadband sering dipanggil internet kecepatan-tinggi, karena biasanya memiliki kecepatan aliran data yang tinggi.
2. VPN
VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yaitu Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi, dengan enkripsi perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalamremote-site. Menurut IETF, Internet Engineering Task Force, VPN merupakan suatu bentuk private internet yang melalui public network (internet), dengan menekankan pada keamanan data dan akses global melalui internet.

MANFAAT  TEKNOLOGI KONVERGENSI
Manfaat teknologi konvergensi dalam bidang-bidang tertentu, seperti yang dijelaskan dibawah ini:
1. Bidang Pendidikan
Memudahkan mencari literatur-literatur dan artikel, baik dari dalam dan luar negeri, dan dalam akses pengetahuan.  Bermunculan sekolah-sekolah online yang tidak mengenal batas dan wilayah, sehingga membantu masyarakat dalam mengembangkan bidang-bidang yang mereka minati, atau yang ingin mereka pelajari.
2. Bidang Kesehatan
Memprasarani kampanye-kampanye dan penyuluhan kesehatan yang diadakan oleh dinas-dinas terkait dengan memanfaatkan berbagai media yang lebih interaktif.
3. Bidang Sosial
Memudahkan masyarakat untuk melakukan komunikasi-komunikasi yang intens kepada anggota masyarakat lainnya dengan tanpa batas dan jangkauan yang luas sehingga mampu menciptakan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
4. Bidang Hukum
Memudahkan pemerintah untuk mensosialisasikan aspek-aspek hukum kepada masyarakat, sehingga membuat masyarakat menjadi masyarakat yang sadar hukum.
5. Bidang Ekonomi
Mendorong tumbuhnya sektor-sektor ekonomi baru yang merupakan pengelolaan potensi-potensi sumber daya yang telah ada dengan baik. Sarana terhadap promosi ikon-ikon pariwisata atau pusat-pusat budaya idola.
6. Pelayanan Publik dan Kontrol Sosial
Mengangkat citra pemerintah maupun pihak-pihak terkait lainnya, dengan memberikan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat secara profesional, tepat sasaran, efektif dan efisien.

DEVINISI JEJARING SOSIAL
            Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilaivisiidetemanketurunan, dll.
            Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.

SEJARAH JEJARING SOSIAL
            Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.  Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan.  Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam kelanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace. Hingga akhir tahun 2005,  friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling diminati. Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter menggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow). Tahun 2012, muncul kembali dan menambah kembali situs jejaring sosial untuk semua usia yang bernama Ketiker. Ketiker adalah situs web yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut post.

CONTOH LAYANAN JEJARING SOSIAL
1. Facebook
            Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc.  Pada Mei 2012, Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua.
2. Twitter
            Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBALarry Bird.

DAMPAK JEJARING SOSIAL
1.  Positif
            Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.
2.  Negatif
            Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (adiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.

DEVINISI PODCASTING
            Podcast adalah jenis media digital  yang terdiri dari serangkaian episodik audio,radio ,video, PDF atau ePub file berlangganandan download melalui sindikasi web atau streaming secara online ke komputer atau perangkat mobile.  Dalam konteks perangkat Apple, istilah "Podcast" mengacu pada audio dan versi video podcast, sedangkan versi tekstual podcast diklasifikasikan dalam aplikasi yang dikenal sebagai Newsstand .

CARA KERJA PODCASTING
            Semua daftar file audio atau video saat ini terkait dengan serangkaian diberikan dipertahankan terpusat pada distributor Server sebagai pakan web , dan pendengar atau pemirsa mempekerjakan khusus client aplikasi perangkat lunak , yang dikenal sebagaipodcatcher , yang dapat mengakses web feed, memeriksa untuk update, dan men-download file baru dalam seri. Proses ini dapat diotomatisasi sehingga file baru di-download secara otomatis. File disimpan secara lokal pada pengguna komputer atau perangkat lain siap untuk secara offline digunakan, memberikan akses mudah dan nyaman untuk konten episodik.  Dalam cara ini dipertentangkan dengan webcasting ( Internet Streaming ).

VARIASI PODCASTING
1. Podcast Video
            Video pod-gips telah datang online sangat populer dan klip video pendek, biasanya bagian dari rekaman lagi. Klip video yang digunakan pada pra-mapan website dan semakin banyak website yang diciptakan semata-mata untuk tujuan klip video dan pod-gips. 
2.  Podcast Novel
            Sebuah novel podcast (juga dikenal sebagai audiobook serial atau podcast audiobook) adalah sastra format yang menggabungkan konsep podcast dan buku audio . 

MANFAAT PODCASTING
            Kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi berupa media digital baik audio maupun video yang terbit sewaktu-waktu. Dan kita dapat mengunduh dengan cuma-cuma atau gratis kapanpun kita mau. Adapun manfaat lainnya seperti :
1.      Meningkatkan visibilitas situs Anda
2.      Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif
3.      Memberikan kesempatan untuk memberikan nilai tambah menawarkan
4.      Menyediakan retensi memori yang lebih baik
5.      Menyediakan kemudahan penggunaan
6.      Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu lintas

RSS
            RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita danweblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa
  • Rich Site Summary (RSS 0.91)
  • RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
  • Really Simple Syndication (RSS 2.0)
Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler.

IPTV
            Internet Protocol TV (IPTV) adalah sistem melalui mana televisi layanan yang disampaikan dengan menggunakan protokol internet melalui jaringan packet-switched seperti internet , bukannya disampaikan melalui tradisional terestrial , satelit sinyal,  dan kabel format televisi.
Layanan IPTV dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok utama:
  • Hidup televisi , dengan atau tanpa interaktivitas yang terkait dengan acara TV saat ini
  • Waktu-bergeser TV: catch-up TV (replay acara TV yang siaran jam atau hari lalu), start-over TV (replay acara TV saat ini dari awal)
  • Video on demand (VOD): menelusuri katalog video, tidak berhubungan dengan program TV.

REVERENSI
http://arievnote.blogspot.com/2012/11/konsep-teknologi-konvergensi-jejaring.html

0 komentar:

Posting Komentar