Rabu, 24 April 2013

FACEBOOK


SEJARAH FACEBOOK
            Facebook dibuat oleh  Mark Elliot Zuckerberg lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (AS) yang merupakan seorang mahasiswa di Universitas Harvard bersama dengan teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Ide ini berawal ketika dia bersekolah di Exeter High School, New Hampshire. Saat itulah dia berkenalan dengan Adam D’Angelo. Zuckerberg lulus dan masuk Universitas Harvard, awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Proyek selanjutnya membuat Facemash, kemudian TheFacebook dan pada akhirnya dibuatlah Facebook. Nama Facebook berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Kronologi sejarah mengenai Facebook :
  • 28 Oktober 2003 : Diciptakanya Facemash oleh Mark Zuckerberg ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua, Facemash iyalah pendahulu Facebook. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not yaitu membandingkan dua buah foto dalam waktu yang bersamaan. Pada Facemash para pengunjung bisa memberi stempel “keren” atau “jelek” foto seorang siswa,  Mark Zuckerberg menciptakan Facebook di kamar asramanya di Universitas Harvard.Untuk menyelesaikannya, Mark Zuckerberg pergi ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara. Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Mark Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.
  • Januari 2004  : Mark Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada semester berikutnya.
  • 4 Februari 2004  : Mark Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com. Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Mark Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.
  • Februari 2004  : Diluncurkanya Facebook sebuah layanan jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc.
  • Maret 2004  : Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Facebook kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat. Pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Mark Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan.
  • Juni 2004 : Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Facebook menerima investasi pertamanya dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel.
  • 23 Agustus 2005 : Facebook menghapus The dari namanya setelah membeli membeli domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar .
  • 2 September 2005 : Zuckerberg meluncurkan situs Facebook khusus untuk anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam waktu 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah di AS sudah menjadi anggotanya. pada akhir tahun 2005, Facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia. Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft.
  • 26 September 2006 : Facebook dibuka  kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat syang sah.
  • 14 Mei 2007 : Facebook meluncurkan fitur yang diberi nama Facebook Marketplace yaitu layanan iklan baris gratis di Facebook. Layanan baru ini pun langsung menjadi pesaing perusahaan-perusahaan online lain.
  • 24 Oktober 2007 : Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook.
  • 6 November 2007 : Facebook meluncurkan Facebook Beacon yang kemudian menjadi usaha gagal untuk beriklan kepada teman pengguna menggunakan cara "apa yang dibeli teman".
  • Mei 2008 : Adam D'Angelo, kepala bidang teknologi dan teman Zuckerberg, mengundurkan. Beberapa laporan mengklaim bahwa ia dan Zuckerberg mulai bertengkar, dan ia tidak lagi tertarik dengan kepemilikan perusahaan ini.
  • Oktober 2008 : Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia.
  • Januari 2009 : Studi Compete.com menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.
  • September 2009 : Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya
  • 13 Maret 2010 : Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google.
  • April 2010 : Social Media Today menyatakan sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook.
  • 15 November 2010 : Facebook mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh FB.com dari American Farm Bureau Association dengan nilai yang tidak disebutkan.
  • November 2010 : SecondMarket Inc. sebuah bursa saham perusahaan swasta menyatakan bahwa nilai Facebook mencapai $41 milyar dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon.
  • 11 Januari 2011  : Farm Bureau mengumumkan "pendapatan penjualan ranah" sebesar US$8,5 juta, sehingga pembelian FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan ranah termahal sepanjang sejarah.
  • Maret 2011  : Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya mendorong keamanan syber. Facebook juga mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampur Sun Microsystems di Menlo Park, California.
  • Mei 2011 : Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS. Consumer Reports juga melakukan survei terhadap Facebook bahwa ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan Facebook. Hingga menyebabkan pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada.
  • Juni 2011  : Statistik DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman dan menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Namun perlu diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick.
  • Desember 2011 : Menurut studi Nielsen Media Research, Facebook adalah situs web yang paling banyak diakses kedua di Amerika Serikat.
  • Maret 2012 : Facebook meluncurkan App Center, sebuah toko bergerak  yang menjual aplikasi yang terhubung dengan Facebook. Toko ini tersedia untuk pengguna web bergerak iPhone, Android.
  • Mei 2012 : Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial.
  • 17 Mei 2012:  Facebook, Inc. mengadakan penawaran umum perdana dengan harga saham awal $38 per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan umum baru terbesar sepanjang sejarah. Setelah IPO, Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat.
  • September 2012 : Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, dan lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.
  • April 2013  : Facebook membeli aplikasi Instagram dengan nilai US$1 miliar.

KONSEP FACEBOOK
         Konsep awal sebuah Facebook iyalah seperti sebuah situs yaitu Hot or Not yang membandingkan dua buah foto dan pengguna memilih mana yang lebih seksi dan mana yang tidak. Hanya saja dalam Facebook dengan nama  Facemash pengguna membandingkan dua buah foto dan memilih mana yang keren dan mana yang jelek. Hingga pada akhirnya Facebook semakin berkembang hingga sekarang. Berikut ini adalah penjelasan mengenai Facebook 2013:
  • Halaman Utama

           Halaman utama berisikikan menu untuk Log In bagi pengguna yang sudah terdaftar ataupun meniliki aku di bagian kanan atas, dan berisikan form untuk pendaftaran bagi pengguna yang ingin memiliki akun di Facebook. Cara untuk mendaftarnya sangat mudah hanya dengan memasukan Nama Depan, Nama Belakan, Email yang dimiliki, Password dan
Tanggal Lahir, perlu di ingat bahwa pengguna Facebook yang ingin mendaftar harus berusia 13 tahun keatas, meskipun faktanya banyak anak-anak dibawah umur 13 tahun yang memanipulasi umurnya demi untuk mendaftar dan memiliki akun di Facebook.
  • Beranda
Beranda ialah halaman utama setelah seorang pengguna Log In kedalam Facebook. Seperti inilah penjelasan Beranda pada Facebook:
  1. Favorit : berisi Kabar Berita, Pesan Acara dan Koleksi Foto pengguna.
  2. Gorup : berisi daftar Goup apa saja yang di ikuti oleh pengguna.
  3. Aplikasi : berisi daftar Aplikasi yang digunakan oleh pengguna seperti  Game.
  4. Halaman : berisi Kabar Halaman, Halaman yang disarankan kepada pengguna dan untuk membuat sebuah Halaman.
  5. Teman : berisi daftar Teman yang dimiliki oleh pengguna.
  6. Teman Obrolan : Berisi teman pengguna yang sedang aktif untuk melakukan sebuah obrolan.
  7. Dibagian tengah atas terdapat layanan untuk pengguna memposting status yang tidah hanya berupa teks tetapi bisa juga foto dan video
  8. Terdapat juga bagian dimana pengguna bisa  melihat satus atau time line dari pengguna lain.

  • Profile
             Profil merupakan bagian pribadi yang dimiliki oleh pengguna. Setiap pengguna bebas mengatur profilnya denagan foto atau keterangan lainya. Seperti inilah penjelasan Profil pada Facebook:
  1. Profil Picture : pengguna dapat menggunakan foto mereka sebagai Profil Picture pada Profil mereka.
  2. Kronologi : kronologi dari seorang pengguna berisikan tentang  semua kegiatan yang telah dilakukan oleh pengguna seperti status, foto dan pesan dinding dari pengguna lain.
  3. Tentang : berisi semua identitas si pengguna.
  4. Teman : berisi daftar teman yang dimiliki pengguna.
  5. Foto : berisi foto yang dimiliki oleh pengguna.

TEKNOLOGI FACEBOOK
            Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang memiliki skala oprasi yang besar, yang tentunya di tunjang oleh banyak teknologi canggih untuk mempertahankan performanya meskipun Facebook menangani 400 juta pengguna aktif. Para enginer Facebook bekerja keras dalam menghadapi fakta yang ada untuk menjaga dan mengoptimalkan Facebook  pada performa tertingginya. Fakta yang membuat para enginer Facebook  bekerja keras iyalah:
  • Menurut Google Ad Planner Facebook melayani 570.000.000.000 page view per bulan.
  • Lebih dari 3 milyar foto di-upload setiap bulan.
  • Facebook sistem melayani 1.200.000 foto per detik.
  • Terdapat lebih dari 25.000.000.000 buah konten setiap bulan.
  • Pada tahun 2009 Facebook memiliki lebih dari 30.000 server.
            Dalam menangani fakta tersebut Facebook menggunakan beberapa teknologi untuk dapat mengoptimalkan performanya. Meskipun pada dasarnya Facebook hanyalah sebuah situs LAMP (Linux Apache MySQL PHP), namun kini Facebook telah memperluas operasinya dengan memasukkan unsur lainnya untuk memodifikasi teknologinya seperti:
  • Untuk meningkatkan kinerja agar lebih optimal Facebook menggunakan PHP tetapi Facebook membuat compilernya sendiri agar sourch kode PHP dapat di konvert menjadi kode native C++ pada servernya.
  • Untuk mengoptimalhan beberapa keperluan Facebook menggunakan Linux yang telah dioptimalkan sesuai kebutuhanya.
  • Untuk mengoptimalkan database pada Facebook, Facebook menggunakan MySQL.
            Sedangkan beberapa teknologi pendukung yang digunakan oleh Facebook untuk mengoptimalkan performnya iyalah:
  • MemcachedMemcached iyalah sistem caching memori terdistribusi yang Facebook gunakan sebagai sistem caching antara web server dan database server .Facebook telah mempunyai ratusan memcached server dengan jumlah data yang telah di cache sebesar 10 Terabytes pada waktu satu waktu .
  • HipHop for PHPHipHop mengubah kode PHP ke C++ yang kemudian dikompilasi untuk meningkatkan performa karena PHP adalah scripting language yang relatif lebih lambat jika dibandingkan dengan native language seperti C++. Sebuah tim kecil di Facebook menghabiskan waktu 18 bulan hanya untuk mengembangkan Hiphop yang mereka klaim bisa mereduksi CPU usage hingga 50%.
  • HaystackHaystack adalah sistem penyimpanan/pencarian foto berkinerja tinggi pada Facebook,meskipun sesungguhnya Haystack adalah sebuah penyimpanan object, sehingga tidak menyimpan foto. Haystack mengerjakan kerja berat, ada lebih dari 20 miliar foto yang diunggah di Facebook, dan masing-masing disimpan dalam empat resolusi yang berbeda, menghasilkan lebih dari 80 miliar foto.
  • BigPipeBigPipe adalah sistem layanan halaman web dinamis yang dikembangkan oleh Facebook. Facebook menggunakannya untuk melayani setiap halaman web dalam beberapa bagian yang disebut “pagelets” untuk menghasilkan kinerja yang optimal. Seperti, jendela chat diambil secara terpisah, feed berita diambil secara terpisah, dll. 
  • CassandraCassandra adalah sistem open source yang berfungsi sebagai menejemen database terdistribusi. Facebook kemudian mengembangkannya dengan NoSQL dan menggunakannya untuk fitur Inbox Search. 
  • ScribeScribe adalah sistem logging fleksibel yang digunakan secara internal oleh Facebook untuk banyak tujuan. Scribe dikembangkan untuk menangani logging pada Facebook, dan secara otomatis menangani kategori logging baru yang muncul.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FACEBOOK
           Pada era yang sangat modern ini banyak sekali jejaring sosial yang bermunculan. Semua jejaring sosial tersebut dapat memberikan manfaat untuk kita para penggunanya. Namun pada pada setiap jejaring sosial pasti memiliki kelebihan dan kekurangan begitu juga dengan Facebook. Berikut ini adalah penjelasan beberapa kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada Facebook.
Kelebihan Facebook:
  • Facebook memberikan layanan untuk mengunggah foto tanpa batasan jumlah, bahkan Facebook juga memfasilitasinya dengan pembuatan Album. Pengguna Facebook juga dapat menandai orang lain dalam foto yang telah diunggah melalui fasilitas Tag.
  • Facebook menyediakan penulisan Satus maupun Dinding yang tidak terbatas, bisa dalam bentuk Text,  Foto, Video hingga bentuk Dokumen yang di Attach.
  • Facebook memiliki form Profile yang lengkap.
  • Facebook menyediakan layanan pencarian teman yang mudah, hingga pengguna dapat
  • Facebook memiliki layanan News Feed yang salah satu menunya dapat memberitahukan pengguna tanggal ulang tahun temanya.
  • Facebook menyediakan layanan untuk membuat Group sebuah komunitas dengan cara yang sangat mudah.
  • Facebook memiliki Facebook notes yaitu layanan untuk  menulis sesuatu yang bersifat catatan atau bisa disebut layanan blog pada Facebook
  • Facebook memudahkan dalam memasang iklan pengguna hanya perlu mengunggah Foto yang berkaitan dengan produk yang akan diiklankan dan menuliskan deskripsi produk tersebut.
  • Facebook memiliki fitur game didalam applikasinya, seperti Zynga Poker, Criminal Crash, Angry Bird  dll.
Kekurangan Facebook:
  • Facebook tidak dapat menjamin keaslian identitas pengguna, seperti pengguna yang menggunakan nickname yang sama dan foto yang sama dengan seseorang maka kita tidak dapat membedakan mana yang asli dan mana yang plagiat.
  • Facebook memiliki layanan pengaturan privasi, namun banyak pengguna yang malas mengatur privasinya sehingga dapat mempermudah seseorang mengambil foto orang lain tanpa izin dan sepengetahunan penggunna.
  • Facebook tidah mengatur jenis jenis foto apa saja yang boleh di upload sehingga pengguna yang tidak bertanggung jawab dengan sangat mudah dapat mengunggah foto yang tidah seharusnya.
  • Facebook tidak menindak penyimpangan pornografi dalam bentuk Foto, Group, Status, Wall, Chat bahkan Profile.
  • Kurangnya keamanan privasi dalam Facebook sehingga mempermudah seseorang untuk membajak Facebook orang lain.

PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN FACEBOOK DIMASA DEPAN
            Mungkin saja beberapa pengguna menginginkan pengembangan Facebook yang  signifikan untuk mempermudah semua aktivitas setiap pengguna, atau hanya sekedar mengoptimalkan performa dan situsnya, seperti:
  • Diharapkan Facebook mengizinkan para penggunanya untuk dapat menatur tampilan Facebook mereka. Karena terasa sangat membosankan jika setiap hari kita membuka Facebook dan hanyalah tampilan seperti itu saja yang dilihat. Mungkin akan lebih menarik jika pengguna dapat mengatur tampilan Facebook meseka masing masing dengan sesuatu yang berkaitan dengan hobi dan ketertarikan pengguna. Dapat dipastikan pengguna akan lebih sering membuka Facebook mereka.
  • Diharapkan Facebook memberikan layanan untuk melihat siapa saja yang membuka Profil seorang pengguna. Semua itu dilakukan agar pengguna dapat mengetahui siapa saja yang membuka Profil nya. Jika orang yang sering melihat Profilnya tidak dikenal oleh pengguna maka pengguna dapat melakikan pencegahan lebih awal untuk memblokir orang tersebut.
  • Diharapkan juga Facebook lebih memeprsimpel penampilan Beranda . Mungkin dengan banyaknya fitur  Beranda pada Facebook akan menjadi semakin bagus, tetapi beberapa pengguna merasa kurang nyaman dengan banyaknya fitur yang ada pada Beranda mereka.
  • Dan lain lain 

DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar