Selasa, 21 Mei 2013

TOKO ONLINE





PENJUALAN ONLINE
Penjualan secara online merupakan salah  satu bentuk pengimplemetasian dari E-Commerce. E-Commerce atau perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Banyaknya konsumen yang melakukan pembelian secara online menyebabkan banyak produsen melihat peluang untuk membuka toko secara online.

TAHAP-TAHAP MELAKUKAN PENJUALAN SECARA ONLINE
Ada beberapa tahapan penjualan secara online yaitu :
  • Tahapan pertama iyalah menentukan ide bisnis. Dalam menentukan atau menetapkan ide bisnis tentunya kita juga harus memikirkan bagaimana cara mewujudkan ide tersebut menjadi sebuah bisnis yang nyata dan dapat menghasilkan penghasilan maupun keuntungan yang cukup besar. Terkadang terdapat kendala untuk mewujudkan ide tersebut namun semua itu pasti ada jalan keluarnya, tetap optimis iyalah kuncinya, tentu saja jalan keluar tidak datang begitu saja terkadang kita perlu memperluas wawasan kita dalam mencari jalan keluar seperti melihat media masa, searching  di internet, mengikuti seminar maupun forum diskusi. Ide tersebut dapat terinsprasi dari diri sendiri seperti hobi, keahlian, ketertarikan maupun minat pada sesuatu. Tetapi ide tersebut juga bisa terinspirasi dari kebutuhan orang lain. Ide tersebut akan menentukan barang atau jasa apa yang akan kita jual nantinya.
  • Tahap kedua iyalah melakukan riset pasar tentang peluang dan prospek bisnis yang akan kita buat. Riset ini berguna untuk mengetahui seberapa besar peluang produk atau jasa yang akan kita jual di pasaran.
  • Tahap ketiga adalah menyiapkan materiat atau bahan-bahan pendukung untuk bisnis yang akan kita jalankan. Material yang  dimaksud iyalah artikel dan gambar yang  menjelaskan  website toko online tang akan kita buat. Jika kita akan menjual produk ataupun jasa sendiri maka produk dan jasa tersebutlah yang akan kita tampilkan di website. Sedangkan jika kita ingin menjual produk orang lain  seperti affiliate atau  reseller maka produk tersebut yang akan di tampilkan di website. Sebagai affiliate biasanya kita akan mendapatkan presentasi yang besar untuk setiap penjualan sekitar 50%-75% . Jika kita tidak ingin menjadi affiliate maka kita bisa memilih affiliate lainya yaitu Affiliate PPC atau Affiliate PTC. PPC  dan  PTC  adalah perusahaan oeriklanan yang menjadi perantara pemasangan iklan dari perusahaan pengiklan.  Jika diterima menjadi affiliate mereka maka kita akan dapat komisi bagi hasil.Pada PPC (Pay Per Click)  kita hanya membuat sebuah website atau blog menyangkut topik apa saja sesuai dengan ide yang telah kita tentukan. Lalu sediakan tempat di website agar iklan PPC bisa tampil di website kita. Kemudian undang pengunjung menjadi pembaca setia di website. Ketika ada pengunjung yg tertarik untuk meng-klik iklan PPC yg ada di website kita, maka kita dapat komisi per klik yg dilakukan oleh pengunjung. Kita sendiri tidak boleh nge-klik, karena dapat di  D.O jika ketahuan. Pada PTC (Paid To Click) kita akan dibayar jika melakukan sendiri klik iklan pada perusahaan PTC. Jika kita klik iklan pada website Perusahaan PTC, maka kita akan dapat komisi. Untuk dapat komisi yg lebih besar,maka kita harus mengajak orang lain juga nge-klik setiap hari seperti kita. Untuk setiap klik orang lain di bawah ajakan kita, maka kita dibayar 50% komisi. Perusahaan PTC akan tahu orang yg kita ajak karena kita diberi link khusus yg berbeda satu sama lain.
  • Tahap keempat iyalah  membuat website sebagai identitas perusahaan dari bisnis yang akan kita buat. Untuk pemula pembuatan blog di perbolehkan. Tampilan dan semua isi yang terdapat di website kita harus dapat mencerminkan perusahaan dari bisnis yang kita buat. Dalam membuat website untuk perusahaan online kita tidak perlu mengurus NPWP, dan surat  ijin usaha seperti TDP dan SIUP. Sedangkan yang diperlukan iyalah nama website  dan sewa hosting
  • Tahap terakhir iyalah melaukan promosi untuk menarik pengunjung. Promosi iyalah hal yang paling penting untuk mengundang pengunjung datang ke website. Dalam penjualan online pengunjung yang beli maupun tidak akan berdampak baik terhadap website yang telah kita buat. Baik dampak pada penjualan maupun pada pemasukan rating iklan untuk penjualan di kemudian hari.Mengundang pengunjung datang ke website kita bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu Promosi Gratis dan Promosi Berbayar. Promosi Gratis SEO (Search Engine Optimation) adalah memanfaatkan fasilitas pencarian google supaya website kita tampil di halaman utama pencarian google. Supaya website kita tampil atau lebih banyak di indeks google, maka kita bisa lakukan cara pengoptimalan website di dalam dan di luar. Pengoptimalan website di dalam berarti anda membuat website anda familiar dibaca oleh pengunjung google. Supaya ramai dibaca pengunjung, maka website anda harus memiliki ide menarik . Untuk itulah anda perlu melakukan riset kecil berapa banyak orang yg mencari topik ide anda dalam sebulan . Pengoptimalan website di luar berarti kita menanamkan link url website kita ke berbagai website direktori dan website bookmarking/jejaring sosial yang ada di dunia. Promosi Berbayar dapat dilakukan jika kita punya sedikit dana promosi, maka promosi berbayar akan lebih cepat mendatangkan pengunjung. Promosi berbayar artinya kita pasang iklan di berbagai website iklan atau perusahaan perikanan baik secara offline maupun online

KEAMANAN PEMBAYARAN DALAM PENJUALAN ONLINE
Jika ingin melakukan pembayaran secara online, tentu tidak bisa seenaknya menentukan pilihan. Karena saat ini banyak sekali website serta info lainnya yang menawarkan fasilitas pembayaran online serta keuntungannya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memiih pembayaran online diantaranya :
  • Pertama, perhatikan legalitasnya . Legalitas dari perusahaan penyedia jasa pembayaran online memang sangat penting. Karena itu menyangkut uang pembayaran.
  • Kedua, perhatikan kemudahannya. Berbagai kemudahan memang banyak ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa pembayaran online mulai dari pendaftaran hingga proses pembayaran.Tapi kita juga kita harus berhati-hati, kemudahaan bukannya menurunkan standard dari keamanan dan mengurangi suatu prosedur standard. 
  • Ketiga, perhatikan fleksibilitasnya. Fleksibilitas menjadi penting, karena layanan yang diberikan oleh penyedia jasa pembayaran online biasanya semuanya itu tertuang dalam ketentuan term of payment (TOP) yang dikeluarkan oleh perusahaan peyedia jasa pembayaran online. Untuk itu, perhatian dengan baik ketentuan dan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan penyedia jasa tersebut agar tak tertipu.

SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar