Sabtu, 17 November 2012

LA : PERULANGAN DELPHI


Dapat didownload di : https://www.dropbox.com/s/m4bfgmuu3a8o72d/2%20LAPORAN%20AKHIR%20Perulangan%20dan%20Percabangan%20Delphi.docx?dl=0

CODING
unit Unit1;
interface
uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls;
type
  TForm1 = class(TForm)
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Memo1: TMemo;
    Button1: TButton;
    Button2: TButton;
    Edit1: TEdit;
    Edit2: TEdit;
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
    procedure Button2Click(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;
var
  Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
A,B: integer;
begin
memo1.clear;
A:= strtoint (edit1.text);
B:= 1 ;
While B<>StrToInt (edit2.text) Do
begin
memo1.Lines.Add('perulangan ke-' +IntToStr (B) + ('=') + IntToStr (A));
A:= A+1;
B:= B+1;
end;
end;
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Text:='';
edit2.Text:='';
memo1.text:='';
end;
end.
WHILE-DO
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
A,B: integer;
begin
memo1.clear;
A:= strtoint (edit1.text);
B:= 1 ;
While B<>StrToInt (edit2.text) Do
begin
memo1.Lines.Add('perulangan ke-' +IntToStr (B) + ('=') + IntToStr (A));
A:= A+1;
B:= B+1;
end;
end;
BUTTON CLEAR
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Text:='';
edit2.Text:='';
memo1.text:='';
end;
end.

LOGIKA
Program ini dibuat untuk melakukan sebuah perulangan .  Hal pertama yang dilakukan adalah membuka Delphi 7. Lalu membuat  2 buah label yaitu : label1= Angka awal dan label2= Banyak ulang, 2 buah button  yaitu : button1 = While-Do dan button2=Clear.  2edit  dan  1memo.  Button 1 yaitu While-Do diisi dengan  coding yang tertera diatas. Pertama-tama dengan mendeklarasikan  variable A dan B dengan tipe integer . Lalu mengubah variable A  dari string menjadi integer dan variable B  di deklarasikan dengan angka 1. Kemudian menambahkan variable A dengan 1 dan menyimpanya dengan variable A kembali, begitu juga dengan variable B. Button ini berfungsi untuk  mengulang input yang dimasukan dengan beda satu. Jika benyak  ulang yang dimasukan 8 maka perulangan yang terjadi sebanyak 7 kali. Button 2 yaitu Clear di isi denagn codingan yang mengganti isi pada edit1, edit2 dan memo1 dengan spasi , dengan begitu seolah olah isi pada edit1, edit2 dan memo1 terhapus.

0 komentar:

Posting Komentar